[Garis Horizon] tentu ada perbedaan antara 'berpikir benar' dan 'berpikir yang menurut kita benar', perbedaannya sudah san...

[Garis Horizon] tentu ada perbedaan antara 'berpikir benar' dan 'berpikir yang menurut kita benar', perbedaannya sudah sangat jelas, karena 'berpikir yang menurut kita benar' bisa saja salah dan jauh melenceng dari kebenaran yang sesungguhnya.

saya sangat tertarik dengan percakapan yang ada di film kartun Samurai X, tau kan? tau donk yah! hehe.. (maksa bener) disana ada percakapan setelah Kenshin Himura mengalahkan Sishio (tokoh antagonis musuh Kenshin), Yahiko dan Kaoru mengucapkan selamat kepada Kenshin yang telah berhasil mengalahkan Sishio tersebut, dan dengan senyumnya Kenshin menjawab.

"Kalau kita menganggap diri kita benar hanya karena telah mengalahkannya, kita sama saja dengan Sishio. Dia juga berusaha menunjukkan pada dunia kalau dialah yang benar dengan mengalahkan musuh-musuhnya, aku tidak tahu apakah kita benar atau salah dengan mengalahkannya,  yang menentukan kita salah atau tidak adalah generasi-generasi yang selanjutnya."

Sahabat ngerti gak dengan maksud si Kenshin? *sok akrab ^^

Kesimpulannya, kita mungkin sering berpikir kalau kitalah yang benar, kitalah tokoh protagonisnya, kitalah yang menjadi pahlawannya, tapi coba kita lihat dari sudut pandang orang lain.

Jangan-jangan kitalah yang salah?
Jangan-jangan kitalah tokoh antagonisnya?
Jangan-jangan kitalah yang jadi musuhnya?

nah, mari buang keegoisan kita, jernihkan hati dan mulai merenung,,,
jawabannya ada di diri kita!
jawabannya ada di hati kita!
segera temukan! dan mainkan peranmu!...

~GarisHorizon~ ada yang tau rumus kebahagiaan? ada yang tau agar hati senantiasa tenang? ada yang tau supaya jiwa ini tidak merasa terteka...

~GarisHorizon~ ada yang tau rumus kebahagiaan?
ada yang tau agar hati senantiasa tenang?
ada yang tau supaya jiwa ini tidak merasa tertekan?
ada yang tau obat sakit hati?
ada yang tau penenang dalam hidup?

***

itu adalah pertanyaan umum yang senantiasa manusia cari didalam hidup, banyak orang yang mencari jawabannya kesana-kemari namun tidak pernah jua ia temukan, padahal jawaban itu sudah ada diri kita masing-masing, yang kita perlukan hanyalah memunculkannya.

Jawabannya adalah, "PASRAH"

sengaja saya Bold tulisan diatas didalam kutip pula untuk menunjukkan kejelasannya dan kesungguhan saya dalam mengatakannya.

tapi yang perlu diingat adalah "Pasrah" tidak sama dengan "Diam", sikap pasrah yang baik adalah ketika melakukan sesuatu, kita melakukannya dengan sungguh-sungguh tapi walaupun hasilnya tidak sesuai dengan yang kita inginkan kita menerimanya dengan lapang dada, dan selanjutnya mengulang kembali apa yang kita lakukan dengan semangat baru sampai apa yang kita inginkan terwujud, itulah Pasrah dalam versi saya.

semoga bermanfaat. ^_^

~GarisHorizon~ anda lihat foto disamping? apa yang anda lihat? *** Oh Bukan! Bukan! saya nggak seganteng  itu kok! hehehe... (narsis mode ...

~GarisHorizon~ anda lihat foto disamping? apa yang anda lihat?

***
Oh Bukan! Bukan! saya nggak seganteng  itu kok! hehehe... (narsis mode on)

yang saya maksud adalah garis horizon yang tepat dibelakang saya, tau kan? itu loh, batas antara langit dan laut yang membentuk sebuah garis lurus.

taukah sahabat, kalau jaman dulu (jaman tai kotok dilebuan) orang-orang menganggap kalau bumi tidaklah bulat melainkan sebuah bidang datar atau mungkin piring. dan garis horizon dipercaya sebagai ujung bumi, mereka juga percaya kalau garis horizon merupakan air terjun yang sangat besar. jadi, intinya garis horizon adalah pembatas bumi.

setelah ilmu pengetahuan berkembang, orang-orang tahu kebenarannya bahwa bumi itu sebenarnya bulat. nah, dari sini ada pesan tersembunyi yang memotivasi kita dalam mencari ilmu dan wawasan, yaitu "Pikiran kita tidak berujung". let's think out of box! saat kita ingin melakukan sesuatu, jangan pernah berpikir adanya batasan. lewatilah garis horizon didalam hatimu, karena itu bukanlah ujung! itu adalah sebuah ruang baru yang bisa kamu pelajari.

itulah mengapa keterangan blog ini saya tulis "Berbagi Motivasi Dan Inspirasi; Menembus Batas Ilmu Pengetahuan Manusia..."  karena sebenarnya, ilmu pengetahuan manusia tidaklah berujung, jadi tak pernah ada yang namanya selesai dalam mencari ilmu dan wawasan...


"Carilah ilmu dari buaian ibu sampai liang lahat" anda pasti sudah tidak asing lagi kan dengan kata-kata itu. ^_^

semoga bermanfaat....

~GarisHorizon~ Ebook ini saya buat dari kumpulan puisi karya saya yang pernah dipublikasikan di blog harmoni pena. karena blog harmoni pena ...

~GarisHorizon~ Ebook ini saya buat dari kumpulan puisi karya saya yang pernah dipublikasikan di blog harmoni pena. karena blog harmoni pena tidak berjalan dengan baik (T_T), maka daripada berdebu n gak kesentuh lagi, saya bundel deh jadi 1 buah ebook. hehehe..... ^_^

ini screenshotnya :
cover ebook


ini backcovernya

nah, beginilah tampilan isinya

ada 6 judul puisi yang saya bundel, yaitu :
1. Sebuah untaian
2. Sejenak
3. Masa
4. Satu Bait Saja
5. Hilang
6  Siluet Senja

sebagai pelengkap, selain puisi juga ada kata-kata motivasi yang menghiasi setiap halamannya,, ^_^

Download yah.. 
ya itung-itung sebagai pelengkap koleksi ebook sahabat semuanya..
hope u enjoy...


File bentuknya executable (.exe), n ukurannya kira-kira 750 kb.

*kalau ada link yang rusak, kasih tau ya... email aja di archan.punisher@gmail.com

~GarisHorizon~ "aku menghargainya, makasih buat semuanya" sebuah kata perpisahan.. yang sejuk namun membekukan.. hangat namun m...

~GarisHorizon~ "aku menghargainya, makasih buat semuanya"
sebuah kata perpisahan..
yang sejuk namun membekukan..
hangat namun membakar..
sangat lembut tapi melukai..

hanya sebuah postingan kecil, yang menulis tentang garis kehidupan pribadi yang rapuh...

~GarisHorizon~ "Seorang guru datang kekelas sambil membawa batu sebesar dua kepalan tangan, lalu sambil mengangkat batu tersebut keatas...

~GarisHorizon~ "Seorang guru datang kekelas sambil membawa batu sebesar dua kepalan tangan, lalu sambil mengangkat batu tersebut keatas, guru itupun bertanya kepada murid-muridnya.

"Ada yang tau, berapa berat batu ini?"
seorang murid berdiri dan menjawab "tidak lebih dari sekilo pak!"
"Hmm... ya..ya.. ada jawaban lain?"
"setengah kilogram pak" murid yang lain menimpali.
"Bagus.. bagus.. jawaban kalian tidak ada yang salah, tapi jawaban yang paling tepat adalah tergantung bapak mengangkatnya"
"maksudnya pak?"
Sang gurupun melanjutkan "ya, batu ini tergantung bapak yang mengangkatnya, apabila hanya 5 menit saja ini tidak akan berarti apa-apa, tapi bagaimana kalau bapak mengangkatnya selama 1 jam lebih? atau mungkin seharian penuh? bapak pasti tak sanggup, malah mungkin akan pingsan dan masuk rumah sakit. tapi, berbeda hasilnya jika setiap 1 jam sekali bapak diberi waktu 10 menit saja untuk melemaskan otot-otot tangan bapak dan beristirahat, pasti bapak akan sanggup mengangkat batu ini dalam waktu yang lama."

dari cerita diatas, menunjukkan betapa pentingnya istirahat, saat kita lelah dengan berbagai pekerjaan, saat masalah datang bertubi-tubi maka merebahlah, lemaskan otot-ototmu dan nyamankanlah dirimu. lalu, bangun lagi dengan semangat baru dan motivasi baru! dan gapailah hari-hari yang nyaman  dalam kehidupanmu. ^_^
Selamat beristirahat sahabat,,,

oya, untuk mengakhiri saya mau pajang award dari Separoyolong katanya, semua komentatornya dapet award ini, thanks ya.. it was a nice award..



Semoga persahabatan kita bisa berlangsung lama. ^_^
n buat yang belum punya sama award diatas, boleh kok diambil.. it's all for you friends.... ^_^

~GarisHorizon~ Sudah tradisi, biasanya seorang pendatang akan mengunjungi tetangga-tetangga barunya dengan memberikan bingkisan atau makanan...

~GarisHorizon~ Sudah tradisi, biasanya seorang pendatang akan mengunjungi tetangga-tetangga barunya dengan memberikan bingkisan atau makanan sebagai tanda perkenalan. nah, tradisi itu coba saya bawa kedunia blogger. 'n ternyata di dunia blogger sudah mengenal lama yang namanya award. jadi, saya berkutat dengan corel draw mencoba membuat award sebagai ganti dari bingkisan atau makanan (kalo beneran makanan, gimana ngasihnya? he...).

Akhirnya, jadilah ini :


Award ini khusus saya kasih buat "Tetangga-tetangga" baru saya di dunia blogger. seperti yang tertulis pada award diatas "Thanks to be my friends". semoga persahabatan kita bisa berlangsung lama.


Duniaku/Senja
Corat-Coret/Ria
Miss Rinda
Ketawa Bersama Oby
inge / cyber dreamer
Catatan kecilku
Separonyolong

Dibungkus ya... ^_^
sekali lagi, thanks to be my friend..

n bagi linknya yang gak kecantum, boleh koq diambil. hope we can be stay connected as a Friend... ^_^

~GarisHorizon~ pelangi.... di lengkung warnamu yang membias inginku berlari menelusuri jalan yang bergaris lari tanpa ingin ku lihat bel...

~GarisHorizon~
pelangi....
di lengkung warnamu yang membias
inginku berlari menelusuri jalan yang bergaris
lari tanpa ingin ku lihat belakang kembali

pelangi....
ingin ku menggapai setiap warnamu
menjadikan indah kepalan kehidupanku
dan menggantungmu di relung hati
hingga setiap penat terhapus di kehidupanku

pelangi....
ini harap terakhirku
temani aku...
saat tak seorangpun menemani
hibur aku...
saat kelam menari dalam hatiku

*diambil dari blog lama aku, sayang daripada berdebu,, he.. ^_^

Di halaman ini saya menyimpan link-link dari sahabat blogger semua. bagi yang ingin bertukar link dengan saya, silahkan hubungi aja lewat em...

Di halaman ini saya menyimpan link-link dari sahabat blogger semua. bagi yang ingin bertukar link dengan saya, silahkan hubungi aja lewat email archan.punisher@gmail.com ... semoga dengan bertukar link bisa memper-erat persahabatan blog kita. happy blogging. ^_^

~GarisHorizon~ “waktu sekolah, saya memiliki pensil yang sudah pendek sekali dan tergeletak begitu saja diatas meja, lalu tiba-tiba ada tema...

~GarisHorizon~ “waktu sekolah, saya memiliki pensil yang sudah pendek sekali dan tergeletak begitu saja diatas meja, lalu tiba-tiba ada teman yang meminjam pensil pendek itu, sayapun meng-iya-kan karena saat itu saya memang tidak membutuhkannya, bahkan saya sampai melupakannya kalau pensil itu ternyata tidak pernah dikembalikan”

Saya rasa, kita semua pernah mengalami kejadian yang serupa seperti cerita diatas. Nah, tahukah teman, kalau kejadian yang terjadi pada cerita diatas adalah konsep dasar suatu keikhlasan? Kita tidak pernah terpikir untuk meminta imbalan dari “jasa” yang kita lakukan, kitapun bahkan melupakan “jasa” kita dengan begitu mudahnya dan tak pernah mengungkit-ungkitnya lagi. Dan yang terpenting, kita sama sekali tidak mengharapkan uncapan “Terimakasih”. Bukankah itu yang disebut dengan ikhlas?.

Lalu, apa perasaan kita setelah mengikhlaskan pensil pendek tersebut? Dongkolkah? Atau tidak bisa merasa tenang selama bertemu teman yang tenyata tidak pernah mengembalikan pensil tersebut yang bahkan mengucapkan terimakasihpun tidak? Jawabannya cuma satu, “Saya Ikhlas” walaupun jawaban itu tidak kita ucapkan, bahkan tidak kita pikirkan.

Dan, salah satu keuntungan yang kita dapat ketika mengikhlaskan sesuatu adalah, “Perasaan tenang yang dicari oleh semua manusia dimuka bumi”. Nah, tinggal bagaimana kita membawa sikap ikhlas itu kepada apapun yang ada dihidup kita, mari kita belajar bersama agar hati kita senantiasa ikhlas. Sebagai penutup, ada kisah bagaimana sikap ikhlas sudah melekat pada diri seseorang.

“Orang tua itu menyetop sebuah bus dan bergegas menaikinya, mungkin karena terburu-buru sepatu yang terpasang dikaki kiri orang tua tersebut terlepas dan terjatuh dijalan sedangkan bus sudah jalan. Didalam bus, orang tua tersebut lantas melepas sepatu yang masih melekat dikaki kanannya dan melemparkannya keluar melalui jendela bus yang terbuka. Kelakuan orang tua tersebut membuat bingung penumpang yang lain, hingga salah seorang penumpang berani bertanya “Bapak kenapa membuang sepatu yang masih bapak miliki?” dan orang tua itupun menjawab “agar orang yang menemukan sepatuku bisa mempergunakannya dengan baik”.

Semoga bisa menjadi pencerahan dan bermanfaat. ^_^

~GarisHorizon~ Ini bukanlah sebuah penawaran bisnis online ataupun peluang mendapatkan uang jutaan rupiah dengan satu kali klik. ini adalah ...

~GarisHorizon~ Ini bukanlah sebuah penawaran bisnis online ataupun peluang mendapatkan uang jutaan rupiah dengan satu kali klik. ini adalah tulisan yang bisa membuat kaya, bukan karena luar biasanya "mesin" ini, melainkan karena keremehannya.

dalam kehidupan, manusia sudah fitrah menginginkan kekayaan dan kemakmuran, maka berbagai carapun ditempuh oleh manusia untuk mendapatkannya, dan kebanyakan cara yang dipilih oleh manusia adalah dengan bekerja.

tahukah kamu, ada sebuah "mesin" yang membuat kita kaya tanpa harus bekerja?
dan kabar gembiranya, "mesin" ini ada disetiap diri manusia, hanya saja kebanyakan manusia tidak menyadarinya, bahkan tidak mau menyadarinya. itulah mengapa saya menyebut "mesin" ini di anggap remeh oleh manusia.

Mesin itu disebut "Potensi untuk menjadi pemimpin". Sulit memang untuk mempergunakan mesin itu agar kita menjadi kaya, dibutuhkan kerjakeras dan pengorbanan agar mesin itu dapat bekerja. tapi, jika sudah bekerja, Lihatlah Mark Zuckenberg dengan Facebooknya! Lihatlah Steve Jobs dengan Apple-nya! Mereka, setelah mampu menjalankan mesin itu hanya tinggal mengontrolnya agar mesin itu tetap bekerja dan menghasilkan pundi-pundi kekayaannya.

Jadi, Berpikirlah seperti pemimpin! karena sebenarnya tiap manusia adalah pemimpin, minimal memimpin dirinya sendiri. ^_^

"Pemimpin yang adil adalah pemimpin yang mampu menempatkan sesuatu pada tempatnya"

~GarisHorizon~ Tetralogi laskar pelangi, sebuah rangkaian cerita yang mampu membuat setiap pembacanya menahan nafas, bagaimana setiap kegigi...

~GarisHorizon~ Tetralogi laskar pelangi, sebuah rangkaian cerita yang mampu membuat setiap pembacanya menahan nafas, bagaimana setiap kegigihan-ketulusan-keikhlasan yang dirangkai dalam empat buku ini bisa begitu fenomenalnya, tidak hanya di Indonesia namun juga kemasyurannya sampai ke pelosok-pelosok negara di Asia.

mungkin basi yah kalau menulis ini sekarang? tapi, sebenarnya saya tidak akan mengulas lagi isi keempat buku tersebut, yang mungkin kamu semuanya udah baca, atau paling nggak pernah denger minimal garis besar ceritanya. yang saya ingin bawakan disini adalah "semangat" yang telah membuat warga tiong hoa yang merantau ke berbagai daerah di Indonesia kembali ke Belitong dan memberikan oleh-oleh berupa uang senilai 20 juta hanya untuk Lintang, salah satu tokoh laskar pelangi. juga, yang membuat semangat seorang guru bernama Maisaroh terpacu kembali semangat mengajarnya tak peduli berapapun gajinya, karena membaca perjuangan Bu Muslimah. dia berpikir, perjuangannya sebagai guru belumlah apa-apa jika dibandingkan dia (Bu Muslimah-Pen).

nah, saya menulis ini juga sekalian ikut Lomba yang diadain http://bukumoo123.blogspot.com

Writing Challenge

Ini adalah salah satu buku yang sangat aku sukai, saya memiliki beberapa alasan kenapa buku ini menjadi fenomenal dan membuat jutaan orang menyukainya, termasuk saya.

Pertama - Laskar pelangi, mengangkat tokoh yang bisa dijadikan panutan, di negeri ini tokoh seperti itu sudah jarang, jika dulu ada R.A Kartini, Moh Hatta, dan Soekarno yang begitu populer sebagai teladan, tapi sekarang? yah, mungkin ada beberapa yang bisa kita jadikan teladan, tapi you-know-lah satu-persatu dari "tokoh teladan jaman sekarang" menurun popularitasnya karena terkait kasus ini-itu. nah, disaat itulah muncul laskar pelangi yang mengangkat Bu Muslimah yang menjadi "teladan baru" abad ini.

Kedua - Laskar Pelangi dan ketiga buku lainnya mengajarkan bagaimana kita "Hidup", "Menghargai Hidup", dan "Perjuangan Hidup". entah kenapa, ketika kita membaca novel ini mata kita seolah-olah "terbuka" kembali, dan tidak hanya itu dengan membacanya semangat kita meletup-letup dan berusaha meniru semangat yang dibawa masing-masing tokohnya.


Ketiga - Kesederhanaannya membuat kita tidak lagi berpikir tentang ras maupun agama. didalamnya mungkin mengusung latar belakang islam (SD Muhammadiyah) dan ras Melayu, tapi gaya penulisannya mampu melintasi itu semua, dan ini membuat setiap kalangan nyaman untuk membacanya.

Terakhir, bacaan yang mampu mengubah dunia ini sudah sangat layak menjadi salah satu koleksi rak buku anda, dan menjadi salah satu dari jutaan orang yang telah terpacu semangatnya setelah membaca buku ini. ^_^

"Hal yang paling indah adalah bagaimana kita membuat diri kita bermanfaat bagi orang lain, bukan memanfaatkan orang lain"

~GarisHorizon~ Akhirnya, bisa update lagi, setelah memeras otak setelah Ujian Akhir Semester selama seminggu, bisa juga bernafas lega. he.....

~GarisHorizon~ Akhirnya, bisa update lagi, setelah memeras otak setelah Ujian Akhir Semester selama seminggu, bisa juga bernafas lega. he.. and i hope hasilnya bisa memuaskan. Amin..

Hm.. kemarin-kemarin aku dapat sebuah note di Facebook yang sangat menyentuh, untaiannya tentang sahabat begitu mengalir, yang menurutku dia menulisnya dengan hati.

ini dia note yang memberiku semangat setelah berpusing-pusing ria selama ujian berlangsung. thanks to Yanti for the note she had to share.


Di sini, di jantung ini ...

tahukah engkau organ apa yang ada di sebelah kiri dada?
di sana terdapat jantung ...
dan apakah yang ada di dalam jantungmu? di jantung setiap orang?
bagiku, di sini di jantungku, ada kau dan semua orang yang aku cintai ...
iya di sini, di jantung ini,
yang menyalurkan aliran kehidupan ke seluruh bagian ...
yang menyampaikan setiap doa ke setiap bagian ...
bagiku cinta kasih sayang bukan dari lisan atau tindakan ...
cinta kasih sayang ada di sini, di jantung ini ...
yang terkadang tak perlu diungkapkan ...
yang terkadang akan lebih indah jika dipendam ...
aku pun sedih jika kau sedih, aku pun bahagia jika kau bahagia ...
tapi inilah aku,
diamku, sikap tak acuhku, semua jelekku,
aku sakit jika kau tak peduli ...
karena kita dipertemukanNya bukan oleh kesamaaan,
tapi detakan yang hidup di sini, di jantung ini ...
karena itulah kamu ada di sini ...
di jantungku ...

~GarisHorizon~ Kita sebagai manusia tentunya tak akan bisa lepas dari yang namanya ujian, dan tentunya seperti yang sudah kita tahu, ujian d...

~GarisHorizon~ Kita sebagai manusia tentunya tak akan bisa lepas dari yang namanya ujian, dan tentunya seperti yang sudah kita tahu, ujian diberikan Tuhan untuk menambah derajat seorang manusia, tentunya jika manusia tersebut mampu melewati ujian tersebut.

ngomong-ngomong soal ujian, hari senin minggu depan kan UAS alias Ujian Akhir Semester buat anak SMA dan sederajat,

trus, kenapa saya masih d sini? sebagai anak SMK yang magang di kantor, tanpa buku, difasilitasi internet hingga akhirnya malah blogger-an... Kriik.. kriik...

***

yah, kalau tiba-tiba saya hilang di rimba maya selama beberapa hari artinya.... (u-know-lah.. T_T)...
doakan saya ya, moga sukses diujian kali ini 'n ujian-ujian yang selanjutnya.. ^_^