~GarisHorizon~ Waaaah.... berat!.. berat!... ini bukan kapasitas seorang anak SMK ngomongin hal beginian. Hmm... buat penjelasan reformasi i...

Dibawah Bendera Reformasi

/
35 Comments
~GarisHorizon~ Waaaah.... berat!.. berat!... ini bukan kapasitas seorang anak SMK ngomongin hal beginian. Hmm... buat penjelasan reformasi itu sendiri bisa diliat di om wiki aja ya! biar lengkap. tapi singkatnya ini merujuk ke perubahan sistim kenegaraan yang terjadi di Indonesia pada tahun 1998.

eh, tapi koq saya jadi keinget sama kisah Rasul Islam ya, dimana dia berpindah dari tatanan negara yang awalnya hancur, baik itu moral ataupun peradabannya ke wilayah yang lebih baik lagi untuk membangun peradaban emas yang disebut Hijrah.

dari Reformasi dan Hijrah yang terjadi dimasa lalu, sebenarnya ada nilai penting yang bisa kita ambil sebagai manusia yang hidup dimasa kini, yaitu "perpindahan menuju yang lebih baik lagi", ini bisa kita terapkan pada diri sendiri untuk me-reformasi dan meng-hijrah-kan diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

PS : ini hanyalah sebuah tulisan pendapat pribadi untuk ikut serta dalam posting kolaborasi yang bertema sama dengan judul ini. terimakasih buat mas Timatra udah ngajak saya lagi.


You may also like

35 komentar:

  1. wahahaha,,,,,berat eyyyy!!! semangaatt pantang nyerah deh pokoknya....

    teterengkyuuu atas partisipasinya kawan,,,

    BalasHapus
  2. terlalu berat =.= aku masih kelas 1 SMA ;;) =))

    BalasHapus
  3. Benar. Hijrah kearah kebaikan akan mendatangkan manfaat yang luar biasa baik bagi diri kita maupun orang disekitar lingkungan kita.

    BalasHapus
  4. menuju arah yg baik.. itu yg musti digaris bwhi

    BalasHapus
  5. Konsep hijrah memang selalu luwes diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan. Terpenting lagi, dengan berhijrah, harapannya ada perubahan yang jauh lebih baik dan lebih bermanfaat dari sebelumnya. nais pos Kang

    BalasHapus
  6. kayaknya good banget sama tema saya he he he he he

    BalasHapus
  7. emang berat,,
    om rame juga ngomongin in

    BalasHapus
  8. Kadang kita teriak reformasi
    tapi suka lupa apa arti reformasi itu

    BalasHapus
  9. Ada baiknya memang mulai dari diri sendiri dulu. ketimbang terlalu banyak berteriak.
    Salam saya. .

    BalasHapus
  10. "perpindahan menuju ke yg lebih baik lagi" itu harus! :)

    BalasHapus
  11. saya juga anak SMK mas, tapi gak pernah terpikir seperti itu...

    BalasHapus
  12. masa reformasi sudah berjaLan sekian Lama, namun reaLisasi dari reformasi tersebut masih daLam tanda tanya.
    saLam posting koLaborasi.

    BalasHapus
  13. great post ! (:

    dianaurora.blogspot.com

    BalasHapus
  14. tapi terkadang hijrah tersebut malah kejeblos ke lubang yang semakin dalam gan... :D

    BalasHapus
  15. wah mangstab artikelnya sob,,
    salam dan sukses buat sobat (:

    BalasHapus
  16. wah, mantaps kawan, semoga sukses ..

    BalasHapus
  17. berpindah menjadi lebih baik lagi
    aku juga setuju

    BalasHapus
  18. berpindah atau berubah menjadi yang lebih baik dan benar

    BalasHapus
  19. aku telat ngirimnya..:(

    tapi postinganmu mantep brader

    BalasHapus
  20. met pagi sobat
    izin followers
    terima kasih

    BalasHapus
  21. hihihi... aku juga merasa berat banget kemarin waktu ngebahas masalah reformasi...
    BTW, maaf baru bisa mampir setelah beberapa hari absen blogging.

    BalasHapus
  22. Reformasi sudah basi, sekarang restorasi

    BalasHapus
  23. reformasi sudah kehilangan taringnya...udah jadi ompong

    BalasHapus
  24. hmmm mereformasi diri menuju yang lebih akan lebih penting adanya, mulai dari diri sendiri tentunya
    negara biarlah mereka² yg berwenang yg memikul tanggung jawabnya
    Sukses Slalu!

    BalasHapus
  25. aku gak bisa ikutan posting kolaborasi ini :(( padahal udah ak siapin :p

    tp gpp deh

    BalasHapus
  26. ngomongin reformasi mah gak bakal ada habisnya :D

    BalasHapus
  27. emank reformasi itu harus dimulai dalam diri kita masing2, untuk menjadi pribadi yang bebas merdeka dan lebih baik lagi,

    BalasHapus
  28. betull..setuju sekali bro.

    BalasHapus
  29. untuk apa merubah tatanan dahulu,bila tidak ada perubahan ya?

    BalasHapus
  30. 12 tahun reformasi, paling nggak, informasi lebih terbuka. qe3 kayak aktipitas begini blogging :)

    BalasHapus
  31. hmmm, iya juga ya bisa juga dianalaogikan ke peristiwa hijrah itu.
    yuk dimulai dari diri sendiri yuk, :)

    selamat hari Jumat, arif
    semoga hari ini menyenangkan :D

    HAPPY WEEKEND!

    BalasHapus
  32. YUph, Rasulullah Muhammad Saw adalah reformis sejati.
    Blunder Reformasi yg skrang terjadi, karena kita jauh dari tuntunan Beliau.
    Great post, salam sobat :)

    BalasHapus