Ada orang yang menghabiskan waktunya berziarah ke Mekkah, Ada orang yang menghabiskan waktunya berjudi di Miraza, Tetapi aku ingin menghab...

Galau klasik ala Soe Hok Gie

/
8 Comments
Ada orang yang menghabiskan waktunya berziarah ke Mekkah,
Ada orang yang menghabiskan waktunya berjudi di Miraza,
Tetapi aku ingin menghabiskan waktuku disisimu sayangku..
Bicara tentang anjing-anjing kita yang nakal dan lucu
Atau tentang bunga-bunga yang manis di lembah mandala wangi

Ada serdadu-serdadu Amerika yang mati kena bom di Danang
Ada bayi-bayi yang lapar di Biafra
Tapi aku ingin mati disisimu manisku
...
-Soe Hok Gie

itu hanyalah sepenggal syair dari Gie yang mungkin anak-anak "gaul" sekarang menyebutnya galau maksimal.
saya juga mengakuinya, kalaulah Rhoma Irama itu raja dangdut. Soe Hok Gie pastilah yang menduduki takhta raja galau. dan memang demikianlah adanya.

oya, kayaknya ada sedikit perubahan makna dalam kata "galau" tersebut. di KBBI galau itu sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran). gak ada sedikitpun makna cinta-cintaan di dalamnya. jadi please, saat ada status facebook atau tweet yang berbunyi "kangen", "sayang", dan sebagainya komentar atau RT'nya bukan "cieee.. lagi galau nih". gak nyambung. kasian sama guru bahasa indonesia waktu di SMA. :D


balik ke sosok Gie si raja galau.


ada satu cerita tentangnya yang membuat setiap lelaki angkat topi jika mengetahuinya. kisah klasik dimana Gie pernah jatuh hati pada sosok wanita bernama Kartini atau panggilan akrabnya Ker. namun, kenyataan yang pahit adalah ia harus rela kalau jodoh Ker adalah sahabatnya sendiri yang bernama Ciil. lantas apa yang dilakukan Gie? layaknya penyair sejati. ia merelakannya dan berakhir dalam kesendirian.


Manisku, aku akan jalan terus
Membawa kenangan-kenangan dan harapan-harapan
Bersama hidup yang begitu biru
-Soe Hok Gie


You may also like

8 komentar:

  1. hehe kalau aku jarang make kata2 galau lebih suka dilema :D
    tp bs jg atuh disangkutin sama cinta2an kalo kangen kan jadi banyak pikiran mikirin yang dikangenin hehehe ;))

    BalasHapus
  2. Xixixi... Puisi galau ya sob :D

    BalasHapus
  3. galau ada dimana2...

    tapi baru tahu deinisi galau (sampai ikut2an buka kbbi luring juga)

    dan aku baru tahu juga, kalo ternyata soe hok gie, yang aktifis, jurnalis, dan pencinta alam, ternyata juga raja galau. hoho

    aku penasaran ama soe hok gie... kenapa yah, selalu mengenang mandalawangi dalam puisinya. ada juga tuh puisinya yang dikasih judul 'mandalawangi-pangorango'

    BalasHapus
  4. Gie?? apakah sosok aktivis yang menghabiskan sisa hidupnya di MahaMeru?

    BalasHapus
  5. cinta membuat galau (pikiran kacau) jikalau tidak bisa menghalau rasa kangen. hahahaha

    BalasHapus
  6. wah gak berbalas ya cintanya. duh sedih

    BalasHapus
  7. aku TIDAK SUKA dengan kata Galau. tuch diperbesar, emang siy lebay banget sekarang. dikit-dikit dibilang galau, dikit-dikit dikatain galau. menyebalkan. kalau semua perasaan menye-menye dibilang galau, lalu penyair-penyair dulu apa dianggap raja galau. beuuhh..... gak suka dech. hehehehe

    BalasHapus
  8. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    BalasHapus