Saya gak pernah setuju dengan aksi-aksi sweeping pemerintah atau ormas yang dilakukan menjelang atau pada saat bulan ramadhan. apalagi ...

Uneg - uneg

/
35 Comments

Saya gak pernah setuju

dengan aksi-aksi sweeping pemerintah atau ormas yang dilakukan menjelang atau pada saat bulan ramadhan. apalagi (entah kapan) saya pernah mendengar sampai melakukan perusakan dan pengusiran paksa warung-warung makan pinggir jalan. 

Tujuannya kan baik

tujuannya emang apa? untuk menghormati yang sedang beribadah puasa? 
kok jadi kayak yang munafik gini ya. ibadah minta penghormatan. bukankah esensi dari puasa di bulan ramadhan itu untuk menahan hawa nafsu. bukannya menolak apalagi merusak hawa nafsu?.

Vertikal

ibadah adalah sesuatu yang hanya bisa dirasakan oleh si pelaku ibadah dan tuhannya. 
menyeru boleh. bagus-bagus kalau orang yang diseru mengerti dan menjalankan ibadah juga. tapi, satu hal yang kita lupa bahwa menyeru jauh berbeda dengan memaksa. otoriter. sifat yang biasa dimiliki oleh diktator-diktator masa lalu. Hitler contohnya. :p

Pada akhirnya

pengrusakan hanya akan melahirkan kebencian. kehilangan sesuatu (apalagi hal yang menjadi sumber rejekinya) sangat bikin nyesek. ini saya rasakan ketika saya kehilangan handphone yang seharga satu bulan gaji saya. entah, semarah apa saya jika handphone itu ternyata tidak hanya hilang, melainkan dirusak/diambil paksa tepat didepan saya. 

lagipula penghormatan bukanlah suatu hal yang hadir karena dipinta. penghormatan akan hadir dengan sendirinya jika memang kita layak dihormati. angkuh sekali rasanya jika kita meminta apalagi memaksa orang lain untuk menghormati kita. terlebih dalam hal ibadah. siapa kita?

yang perlu diingat, bukankah islam adalah agama yang "rahmatan lil alamin (rahmat bagi alam/dunia)"  bukan "rahmatan lil muslimin (rahmat bagi manusia muslim saja)". 

yak! saya bukanlah seseorang yang pemahaman islamnya jauh dan mendalam. saya cuman menelurkan uneg-uneg yang tertahan di hati saya. jika memang pendapat saya ini melenceng dan salah. tolong ingatkan saya ya.

dan terakhir, selamat berpuasa dibulan yang suci ini. jika saya ada salah, mohon maaf lahir batin ya.. :)

"Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia yang lainnya... "



You may also like

35 komentar:

  1. mari kita diam sejenak untuk berpikir mundur kebelakang..

    sebatang lilin tidak akan pernah terbakar jika ia selalu berada di dalam air atau diletakkan di depan sebuah kipas besar yang menyala terus terusan..

    jadi sumber masalah kita adalah karena API yang digunakan menyulut itu tidak akan pernah hadir..

    begitu juga dengan sweeping sweeping itu..
    sejatinya, malah mereka tidak perlu sweeping jika para pedagang tidak berpikiran nakal, dan semua orang taat pada hukum yang berlaku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip... saya gak keberatan dengan orang-orang yg "nakal"
      yg saya permasalahkan adalah mereka yg "tiba-tiba" ingin dihormati karena ibadahnya...

      biarlah pedagang tetap mencari rezekinya.. kita yg sedang beribadah ya tetap beribadah. karena saya yakin, seseorang yang berpuasa dgn sungguh-sungguh gak akan ngaruh walaupun didepannya banyak makanan sekalipun.. :)

      Hapus
  2. Iya, kenapa harus memakai kekerasan?
    Lagi pula, dengan melakukan sweepeing begitu, saya malah melihatnya, kita jadi tidak menghormati mereka yang tidak berpuasa. Kasihan, karena kita berpuasa, mereka-mereka yang tidak jadi sedikit kesulitan untuk menemukan tempat makan...

    Jadi, ibadahnya bikin susah orang lain gitu..

    Selamat berpuasa juga buat kamu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup.. gak baik juga kan ibadah kok nyusahin orang lain.. :)
      saya suka pendapat mae.. harusnya kita yg menghormati orang yg tidak berpuasa.. :D

      Hapus
  3. Hrusnya ada pengertian dikedua belah pihak untuk saling menghormati kepentingan masing-masing.. Ingin dimengerti itu mudah, tapi mengerti orang lain itu sedikit susah.

    BalasHapus
  4. Hehehe sebenarnya kalau tempat makan nggak ditutup pakai gorden pun gak pengaruh, hihi.
    Kalau warung makan pinggir jalan ditutup paksa hmmm, tergantung hehe kalau dirusak kayaknya ekstrim banget ya @.@
    Tapi kalau warung makan lokasinya di tempat yang dia gak punya hak yaaa, disweep gak papa hihi :D

    BalasHapus
  5. Pemerintah mnyusahkan rakyat kecil itu udah ga aneh sih rif.. Jdi, udah biasa tuhh :D

    Btw, gambarnya keren, bikinin yg lgi megang kaleng donk :D

    BalasHapus
  6. kaum cewek yang lagi M kan masih butuh warung makan...

    BalasHapus
  7. Sepertinya tidak semua rakyat indonesia orang muslim, memang kesadaran mereka yg tidak melaksanakan untuk menghargai.. tetapi jika ini kebijakan pemerintah kita hanya bisa ngikut..

    marhaban ya ramadan

    blognya sudah aku follow#124 jika berkenan boleh minta follbeknya untuk saya yang newbie

    BalasHapus
  8. Diperlukan kedewasaan semua pihak untuk saling memahami dan mengerti tentang aturan2 yg berlaku di negara ini agar keharmonisan semakin terekat antar umat beragama

    BalasHapus
  9. sebenarnya kpn sih sob bulan puasa mulai? hari Jumat ato Sabtu ya?
    pasti perbedaan waktu msh tetep ada deh...
    kalo soal gusur menggusur, aku paling gak demen tuh..

    BalasHapus
  10. bukankah banyak cara yang lebih manusiawi ...
    catatan menarik

    #blogwalking malam

    BalasHapus
  11. selamat menunaikan ibadah puasa

    BalasHapus
  12. memang miris dan gimna gitu kalo ada orng tiba2 ingin mmprlihtkan ibadahnya dngn mksud sombng.

    BalasHapus
  13. gambarnya ikhwannya keren :D
    selamat berpuasaaaa :D

    BalasHapus
  14. aksi seperti sebenarnya wujud dari ketidakpuasan terhadap pihak yang berwajib yang gx ambil peduli soal itu

    minuman keras dll kan itu harusnya yg nyita polisi, nah gimana toh kalo polisinya malah mem-backup yg kayak beginian :D

    tapi emang sih harusnya caranya bukan dengan kekerasan :)

    BalasHapus
  15. cieh... itu gambarnya kaya pak haji junior. lucuuuuuh

    BalasHapus
  16. untung ditempat saya kagak ada sweeping kaya begitu,soalnya deket komplek Kopasus & Brimbob jadi mau jungkir balik juga aman dari sweeping :D

    BalasHapus
  17. cuma bisa bilang "sabar" buat hapenya..

    marhaban ya ramadhan, maaf lahir batin ya... selamat berpuasa...

    BalasHapus
  18. saya belum pernah lihat sob kalau warung yang sampai dirusak tapi kalau sarana hiburan malam yang banyak maksiat pernah saya lihat , kalau saya pikir nggak Ramadhan pun sebenarnya itu kan dilarang oleh Agama

    BalasHapus
  19. gan kami segenap admin edho-photowork ingin mengucapkan mohon maaf lahir dan batin, klo ada kesalahan kata2 di maafin yah..^_^

    BalasHapus
  20. Ayo berbenah, kalu bukan kita siapa lagi kan...pasti bisa kok

    BalasHapus
  21. Selamat berpuasa ya sob.. Mohon maaf lahir batin

    BalasHapus
  22. saya sangat setuju dengan kata kata yang ada di blockquot sob..

    BalasHapus
  23. memang sudah memprihatinkan aksi2 sweeping yang meresahkan semacam itu, mas garis. selamat menunaikan ibadah puasa, semoga penuh keberkahan.

    BalasHapus
  24. sudah bulan ramdahan nih, ayo perbanyak ibadah

    selamat berpuasa

    BalasHapus
  25. setuju :) menghormati orang yg berpuasa bukan berarti harus menutup semua restoran, apalagi pakai kekerasan, tapi cukuplah bertoleransi. misalnya tutup jendela menggunakan tirai dan yg gak berpuasa pun kalau mau makan alangkahbaiknya di salam ruangan saja :)

    BalasHapus
  26. mbak juga gak setuju rif
    selama ini mbak biasa aja kalo ada yg makan didepan mbak... hahaha kalo udah gede gini laper haus bukan masalah
    yg masalah itu emosi
    eh betewe sebenarnya mbak pengin arif bikin gambar arif sendiri buat mbak... gambarin dong rif :P
    mbak pikir headernya mau arif bikin gambar cendiri

    BalasHapus
  27. dhe juga gk setuju sih kalo seluruh usaha warung makan harus tutup selama bulan puasa.. lagian mereka kan mencari rezeki, dan puasa itu adalah tanggung jawab antara kita dengan Allah.. trus lagi kalo misal warung makan tutup semua, mungkin dhe bakal jadi salah satu dari mereka yang susah mencari makan ketika sedang libur puasa.. hehe :D

    met puasa juga mas

    BalasHapus
  28. SETUJU
    namanya bulan puasa itu kita juga harus menahan cobaan, godaan ..
    tap bukan dengan cara menghakimi orang laen, bahkan sampai merusak :) :)

    BalasHapus
  29. Akhirnya bisa berkunjung ke rmh virtualnya arif nih, senangnya :)

    apa kabar rif ? tulisanmu semakin berisi, benar alangkah disayangkan hal2 sprti itu hrs terjadi ya. perbedaan dan saling memaklumi, sejatinya gak perlu sweeping2 seperti itu ya...

    BalasHapus
  30. pedagang jg manusia, mereka butuh makan (rejeki). nice share masbro, lam kenal :)

    BalasHapus