~GarisHorizon~ kamu-kamu tau paradigma kan ? bisa juga disebut pola pikir ato pemikiran seseorang terhadap sesuatu. contoh simple-nya sih bi...

Maen-maen paradigma yuuukk....

/
17 Comments
~GarisHorizon~ kamu-kamu tau paradigma kan ? bisa juga disebut pola pikir ato pemikiran seseorang terhadap sesuatu. contoh simple-nya sih bisa diliat lewat pertanyaan ini. jawabannya simpen aja didalam hati kamu.

pertanyaannya:
1. buat apa orang meniup sesuatu?
2. kenapa benda berasap?

ok, please jawab dulu ya pertanyaan di atas sebelum ngelanjutin bacanya.

nah, udah punya jawabannya kan? masa sih belum? *pertanyaannya simple bgt gitu =)*
ok, kita bahas! *ala guru fisika di depan kelas*

dari pertanyaan pertama, kamu mungkin bakal ngejawab buat matiin api ato gak biar benda yang kita tiup itu jadi dingin, misalnya kopi ato teh panas, bukannya kita kalo niup itu biar si-kopi ato si-teh itu cepet dingin. bener gak? 

tapi ternyata, gak berenti sampe situ aja saudara-saudara, ada juga kan orang yang niup sesuatu buat nyalain api ato gak biar panas. mau tau? jaman sebelum masehi di negara bernama Indonesia kalo masak mesti ditiup dulu dengan alat canggih bernama hawu *bahasa sunda yang artinya tungku yang pake kayu bakar*. so, pertanyaan pertama bisa ja dijawab dengan dua jawaban yang bener-bener berlawanan. satu buat matiin api, satu buat nyalain api, satu biar benda itu dingin n satunya lagi biar benda itu tetep panas.

nah, gimana dengan pertanyaan kedua?
gue bisa bilang kalo pertanyaan kedua sama aja intinya kaya' pertanyaan kesatu. gak pecaya? ok! gue buktiin. 
mungkin jawaban kamu buat pertanyaan kedua itu gini. "karena kebakar api ato gak emang bener-bener panas, misalnya air mendidih". but, kamu tau es kan? tu benda panas gak? tapi berasap juga kan?. jadi, udah jelas. pertanyaan kedua juga punya dua jawaban yang emang bener-bener berlawanan.

tapi yang penting, inti dari dua pertanyaan itu apa?
ok, kita ulangin lagi dari awal. 
satu pertanyaan dua jawaban. apa ada yang salah? enggak kan? walaupun punya dua jawaban 'n kedua jawaban itu jelas-jelas bertolak belakang, apakah salah satunya salah? jelas Enggak!.

nah, kita mungkin sering nemuin itu dikehidupan sehari-hari. ada orang yang memiliki pendapat didebat oleh orang lain dengan pendapat yang gak kalah realistisnya. tapi sayangnya, mereka gak menyadari kalau mungkin aja orang lain juga benar, hanya beda di pola pikirnya aja.

buat nge-akhirin, mari kita buka pikiran, cari ilmu sebanyak mungkin. karena dengan wawasan yang luas ditambah ilmu yang dalam, kebenaran itu bakalan datang dengan sendirinya.


You may also like

17 komentar:

  1. well done! so sweet...

    BalasHapus
  2. hm...yg pasti sudut pandang orang berbeda2.

    BalasHapus
  3. Emang bener sob orang kadang2 maksud nya sama tp hnya pola pikir nya yg berbeda

    BalasHapus
  4. maksudnya sama tapi kadang cara orang berpikir berbeda...

    BalasHapus
  5. PR nya dikerjakan di rumah saja ya...

    BalasHapus
  6. @anonym haha,, thanks.. ^_^

    @Fanny pastinya..

    @wong sikampuh n k.o.s yo'i, itu yg gue maksud...

    @joe ???????????

    BalasHapus
  7. Membahas paradigma itu tak ada matinya sob.... sudut pandang/cara pandang setiap orang berbeda, apa lagi kalau dilihat dari proses perjalanan hidupnya. Orang kaya paradigmanya berbeda dengan orang yang tidak mampu.

    Salah satu permasalahan di Indonesia adalah perbedaan dan ketidak samaan paradigma

    BalasHapus
  8. paradigma boleh beda2
    tapi jangan ampe tawuran :p

    BalasHapus
  9. yang pertama itu saya jawab.. karena membuang asap rokok.. :D

    BalasHapus
  10. brarti dari digma masing masing yang berbeda akan menimbulkan inspirasi baru ya bung

    BalasHapus
  11. kadang mempunyai tujuan yang sama tapi paradigmanya berbeda... salam kenal bung

    BalasHapus
  12. kalau paradigma semua orang sma jadi gawat malahan kak, emang udah diatur sama Tuhan sedemikian rupa...

    BalasHapus
  13. Salam

    Pertanyaan yang kedua mungkin lebih kearah sebatang rokok yg sudah terbakar, jadi asap yg keluar karena dihisap...

    Salam kawan

    BalasHapus
  14. intinya kita musti fleksibel ya?

    BalasHapus
  15. hahahaha....yang ringan yang lucu

    BalasHapus
  16. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.TahitianNoniAsia.net, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

    BalasHapus
  17. yg pertama koq jawabanku beda yah, aku jawabnya biar balonnya gedeee hehehehe :P

    BalasHapus